Program & Jaminan Mutu

Jaminan Mutu lulusan SD Al Irsyad 02 terdiri dari objek,aspek, dan indicator utama. Objek PPA terdiri dari 3 unsur, yaitu : Akhlak Kepada Alloh, Akhlak kepada Makhluk (orang lain dan lingkungan) serta Akhlak kepada diri sendiri. Akhlak kepada diri sendiri di urai menjadi 3 sub bagian yaitu soft skill, tools skill dan akademis. Setiap bagian memiliki beberapa aspek, totalnya ada 23 aspek sebagai berikut :

Jaminan Mutu Sekolah, Indikator dan Program/Strategi PPA

Jaminan Mutu Kelas IV-VI

QA dalam PPA KLS IV-VI

Strategi

1.             Melaksanakan thoharoh, shalat dan dzikir dengan baik
  1. Orientasi dan reorientasi
a.       Melaksanakan wudlu secara tertib beserta doanya
  1. Penguatan dlm mapel Fiqh
b.       Mandi wajib tidak ditunda
  1. Kerja sama dgn orangtua
c.       Melaksanakan shalat rawatib tepat waktu
  1. Posterisasi
d.       Melaksanakan shalat secara berjamaah
  1. Cerita/Tausiyah
e.       Siap menjadi muadzin
  1. Pembibingan wudlu  rutin
f.        Siap menjadi imam sebaya
  1. Test praktek  wudlu  tiap akhir semester
g.       Melaksanakan dzikir dan do’a ba’da shalat
  1. Terdapat cek list pantauan wudlu standar semesteran
h.       Melaksanakan dzikir dan do’a harian
  1. Posterisasi
  1. Pembibingan shalat  rutin
  1. Test praktek  shalat tiap akhir semester
  1. Lembar pantauan shalat berjamaah
  1. Subuh call kelas 6
  1. Penjadwalan adzan, Praktek di sekolah
  1. Penjadwalan imam sebaya, Praktek di sekolah
  1. SOP Wudlu dan shalat
  1. Mentoring
  1. Pembagian lembar dzikir & doa
  1. Pembiasaan ba’da sholat dzhuhur disekolah dzikir/ do’a jahr
  1. Tausiyah muhasabah
2.             Tadarus Al Quran
a.       Tadarus Al Quran setiap hari
  1. Mengecek lembar pantaun
  1. Reward periodik
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Piagam & bingkisan khatam
  1. Pagi ceria sesuai jadwal
  1. Membaca indivdual menunggu shalat
  1. Memutar qiroah menjelang masuk sekolah
3.             Berbakti kepada Orangtua
a.       Berpamitan ketika pergi
  1. Penguatan dlm mapel
b.       Berdoa kepada orangtua
  1. Pembagian panduan adab
c.       Membantu pekerjaan rumah
  1. Orientasi dan reorientasi
d.       Memenuhi panggilan orangtua
  1. Mengecek lembar pantaun, dan konsultasi
e.       Tidak membantah nasehat orangtua
  1. Posterisasi
f.        Peduli terhadap kondisi orangtua
  1. Cerita/Tausiyah
  1. konfirmasi dlm Tarhib
  1. Tausiyah muhasabah
  1. Pembiasaan doa di sekolah
  1. Dalam life skills
  1. Mentoring
4.             Memuliakan guru
  1. Pembagian panduan adab
a.       Memberi salam ketika bertemu
  1. Orientasi dan reorientasi
b.       Berlaku sopan dan bertutur santun terhadap guru
  1. Cerita/Tausiyah
c.       Taat kepada guru
  1. Pembiasaan tarhib & taudi’
  1. Tausiyah muhasabah
  1. Masuk ke kontrak belajar
  1. Strategi interaksi mengajar
  1. Kesamaan standar sikap guru di kelas
  1. Program parenting
5.             Menghargai teman
  1. Penguatan dlm mapel
a.       Menghargai perbedaan dan tidak mencela
  1. Pembagian panduan adab
b.       Berbicara dengan bahasa santun
  1. Orientasi dan reorientasi
c.       Peduli terhadap teman/orang lain
  1. Kerja sama dgn orangtua
  1. Posterisasi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan life skills
  1. Hari perbedaan
  1. Kegiatan insedental level
  1. Organisasi kelas
  1. Pembentukan Kelompok dinamis
  1. Kunjungan sesama murid
  1. Masuk dalam Pagi ceria
  1. Jabat tangan datang dan pulang
6.             Kepedulian lingkungan
  1. Keteladanan dan kepekaan guru
a.       Membuang sampah pada tempatnya
  1. Penguatan dlm mapel
b.       Merawat barang / fasilitas sekolah
  1. Pembagian panduan adab
c.       Menjaga kenyamanan lingkungan
  1. Orientasi dan reorientasi
  1. Posterisasi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan life skills
  1. Penyediaan sarana yang memadai
  1. Lomba antar kelas
  1. Labelisasi barang pribadi
  1. Piket siswa
  1. Kerja bakti periodik
  1. Pemeriksaan Laci meja & tas siswa
7.             Kemandirian
  1. Orientasi dan reorientasi
a.       Menjaga barang miliki sendiri
  1. Pembiasaan
b.       Merawat diri sendiri (bersih, rapi, sehat)
  1. Cerita/Tausiyah
c.       Berpakaian sesuai syariat
  1. Guru menemani makan siang
d.       Memiliki kesadaran belajar secara mandiri
  1. Penguatan dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Labelisasi barang pribadi
  1. Kerjasama orangtua
  1. Mabit / persami (laki-laki)
  1. Outbound
  1. Pagi ceria
  1. Life skills
  1. Membangun kepekaan guru dalam kemandiran anak
  1. Tarhib & Taudi’
  1. Study Tour
8.             Keterampilan komunikasi
  1. Orientasi dan reorientasi
a.       Menyampaikan gagasan dengan efektif
  1. Pembiasaan
b.       Mampu  mengajukan dan menjawab pertanyaan
  1. Cerita/Tausiyah
c.       Mampu pidato tujuh menit
  1. Metode dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Kerjasama orangtua
  1. Pagi ceria
  1. Tanya jawab pada Tarhib
  1. Buku harian
  1. Presentasi dlm semua mapel
  1. Interview pada study tour
  1. Big Assembly
9.             Bersikap diri  yang baik
a.       Disiplin
  1. Menyusun uraian detil per kelas
b.       Tanggungjawab
  1. Orientasi dan reorientasi
c.       Jujur
  1. Pembiasaan
d.       Percaya diri
  1. Cerita/Tausiyah
e.       Memiliki jiwa wirausaha
  1. Penguatan dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Labelisasi barang pribadi
  1. Kerjasama orangtua
  1. Mabit / persami (laki-laki)
  1. Outbound
  1. Pagi ceria
  1. Life skills
  1. Membangun kepekaan guru dalam kepribadian anak
  1. Tarhib & Taudi’
  1. Study Tour
  1. Program parenting
  1. Bazar anak

Jaminan Mutu Kelas 1 – 3

QA dalam PPA KLS 1-3

Program dan Strategi

1.      Melaksanakan thoharoh dan shalat
  1. Toilet training pada orientasi siswa
  1. Melaksanakan adab di kamar mandi
  1. Penguatan dlm mapel Fiqh
  1. Melaksanakan wudlu
  1. Kerja sama dgn orangtua
  1. Melaksanakan shalat rawatib 3 waktu
  1. Posterisasi
  1. Melaksanakan dzikir dan do’a ba’da shalat sederhana
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Melaksanakan dzikir dan do’a harian sederhana
  1. Pembibingan wudlu  rutin
  1. Test praktek akhir wudlu semester
  1. Pembibingan shalat  rutin
  1. Test praktek  shalat semester 1 dan 2 kls 3
  1. SOP wudlu dan shalat
  1. Panduan  dzikir harian
2.             Tadarus Al Quran
  1. Murozaah Tahfidz atau tartili
  1. Kerjasama dengan orangtua
  1. Berbakti kepada Orangtua
  1. Reward periodik
  1. Berpamitan ketika pergi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Berdoa kepada orangtua
  1. Pagi ceria sesuai jadwal
  1. Menjawab panggilan dengan baik
  1. Membaca indivdual menunggu shalat
  1. Memutar qiroah menjelang masuk sekolah
  1. Pembagian panduan adab
  1. Orientasi dan reorientasi
  1. Mengecek lembar pantaun, dan konsultasi
  1. Posterisasi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. konfirmasi dlm Tarhib
  1. Pembiasaan doa di sekolah
4.             Memuliakan guru
a.       Memberi salam ketika bertemu
  1. Pembagian panduan adab
b.       Berlaku sopan dan bertutur santun terhadap guru
  1. Orientasi dan reorientasi
c.       Taat kepada guru
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Pembiasaan tarhib & taudi’
  1. Tausiyah muhasabah
  1. Masuk ke kontrak belajar
  1. Strategi interaksi mengajar
  1. Kesamaan standar sikap guru di kelas
  1. Program parenting
5.             Menghargai teman
a.       Berbagi dengan teman
  1. Penguatan dlm mapel
b.       Tidak mengejek teman
  1. Pembagian panduan adab
c.       Mau bermain bersama
  1. Orientasi dan reorientasi
  1. Kerja sama dgn orangtua
  1. Posterisasi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan life skills
  1. Hari perbedaan
  1. Kegiatan insedental level
  1. Organisasi kelas
  1. Pembentukan Kelompok dinamis
  1. Kunjungan sesama murid
  1. Masuk dalam Pagi ceria
  1. Salaman datang dan pulang
6.             Kepedulian lingkungan
a.       Membuang sampah pada tempatnya
  1. Keteladanan dan kepekaan guru
b.       Merawat barang / fasilitas sekolah
  1. Penguatan dlm mapel
  1. Pembagian panduan adab
  1. Orientasi dan reorientasi
  1. Posterisasi
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan life skills
  1. Penyediaan sarana yang memadai
  1. Lomba antar kelas
  1. Labelisasi barang pribadi
  1. Piket siswa
  1. Kerja bakti periodik
  1. Pemeriksaan Laci meja & tas siswa
7.             Kemandirian
a.       Memakai dan melepas pakaian sendiri
  1. Orientasi dan reorientasi
b.       Makan dengan adab
  1. Toilet Training
c.       Mandi sendiri
  1. Pembiasaan ( dengan adab)
d.       Membesihkan BAB/BAK sendiri
  1. Guru menemani makan siang
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Pagi ceria
  1. Tarhib & Taudi’
8.             Keterampilan komunikasi
a.       Menyampaiakan TOMAT (tolong, maf terimakasih)
  1. Orientasi dan reorientasi
b.       Menyampaiakan gagasan/pendapat
  1. Pembiasaan
c.       Mampu  mengajukan dan menjawab pertanyaan
  1. Cerita/Tausiyah
d.       Menceritakan kembali
  1. Metode dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Kerjasama orangtua
  1. Pagi ceria
  1. Tanya jawab pada Tarhib
  1. Buku harian
  1. Big Assembly
9.             Bersikap diri  yang baik
a.       Disiplin
  1. Menyusun uraian detil per kelas
b.       Tanggungjawab
  1. Orientasi dan reorientasi
c.       Jujur
  1. Pembiasaan
d.       Percaya diri
  1. Cerita/Tausiyah
  1. Penguatan dlm KBM
  1. Posterisasi
  1. Kerjasama orangtua
  1. Outbound
  1. Pagi ceria
  1. Life skills
  1. Membangun kepekaan guru dalam kepribadian anak
  1. Tarhib & Taudi’
  1. Study Tour
  1. Program parenting
  1. Disiplin day kerjasama dengan polisi
  1. Disiplin day kerjasama dengan polisi
  1. Bazar anak / Bussines day

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: