Pengertian PPA

Program Pendidikan Akhlak (PPA) merupakan program pencapai jaminan mutu atau Quality Assurance (QA) dari sisi selain Tool skill dan akademik. PPA berada diseluruh kegiatan, baik  kegiatan Pembelajaran  mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya seperti Pagi ceria, pembiasaan makan tertib, dan sholat. Bahkan PPA mencakup juga kegiatan tertentu di rumah.  Ada Sembilan Aspek PPA yang dilaporkan dalam rapot.  Untuk mendukung PPA

  1.  Budaya Sekolah : merupakan bentuk pembiasaan yang terprogram. Bagi siswa yang belum bisa mengikuti, maka ada konsekuensi logis yang sifatnya mengarahkan agar pembiasaan tersebut dijalankan oleh siswa ybs. Tata tertib  masuk kedalam budaya sekolah.
  2. Kontrak belajar merupakan kesepatan antar siswa dengan walikelas dan guru agar dalam kelas terwujud kelancaran belajar.
  3. SOP Siswa : merupakan SOP yang berkait dengan siswa. SOP berisi langkah-langkah kegiatan yang merupakan pendetailan dari sebagaian Budaya sekolah.
  4. Lifeskills (Mentoring) dengan model mentoring merupakan pembelajaran secara berkelompok yang dipandu oleh guru.  Kegiatan ini memiliki rencana dan materi yang harus searah dengan PPA.  Lifeskills berisi : mengecek buku penguhubung, penyampaian materi/tausiyah dan diskusi.
  5. KBM Mapel (Kegiatan Belajar Mengajar mata pelajaran) merupakan kegiatan kurikuler baik dalam kelas maupun diluar kelas dengan tujuan kepada akademik dan harus memiliki non akademik.
  6. Parenting : yaitu program pembelajaran bagi orangtua agar memiliki tujuan kearah QA dan  pola asuh yang minimal sama dengan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: