Program Unggulan

A.   PROGRAM UNGGULAN

1.    Desain Kelas

Desain kelas bertujuan untuk menfasilitasi proses pembelajaran dan mempertajam pemahaman konsep dalam pembelajaran. Hal ini menjadikan siswa terlayani secara optimal sehingga siswa termotivasi dan semangat dalam belajar.

2.    Learning Skill

Learning Skill (ketrampilan belajar)  menjadikan siswa belajar dengan baik dan efektif, sehingga dapat mendukung suksesnya pembelajaran. Learning Skill yang dimaksud adalah speed reading (membaca cepat), mencatat efektif, teknik mengingat dan learning style (gaya belajar). Pelatihan keterampilan belajar dilaksanakan pada waktu orientasi dan reorientasi serta dalam proses pembelajaran.

3.    Assessment

Bentuk assessment yang diterapkan menjangkau seluruh data siswa baik behavior, kognitif dan sikap. Periode penilaian rapor dengan pola semester. Penilaian diperoleh dari tes tulis, tugas, portofolio ataupun produk. Penilaian ini digunakan sebagai dasar untuk melakukan penilaian perkembangan belajar dan perilaku anak.

4.    Progress report dan Rapor

Progress report adalah laporan perkembangan siswa yang diberikan secara rutin dua termin. Sedangkan raport adalah laporan perkembangan siswa yang diberikan setiap akhir semester.

5.    Out Door Study

Out door study yang dilaksanakan sekali dalam satu semester mengacu  pada bahasan mata pelajaran yang berhubungan  dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Out door study diartikan belajar langsung pada sumbernya.

6.    APD (Apresiasi Potensi Diri) / Student Fair

Program ini dimaksudkan agar anak dapat mengekspresikan diri dengan cara menampilkan karya mereka di sekolah. Program APD dilaksanakan sekali dalam setahun.

7.   Tarhib dan Taudi’

Tarhib merupakan kegiatan penyambutan yang dilakukan oleh asatidah terhadap siswa yang baru datang ke sekolah. Hal ini membuat siswa merasa diperhatikan sehingga merasa nyaman dan termotivasi dalam belajar.

Taudi adalah kegiatan pelepasan siswa saat pulang sekolah dengan cara mengucapkan salam serta berjabat tangan. Pada kesempatan ini asatidzah dapat memberi pesan dan nasehat seperti rajin belajar di rumah dan patuh pada orang tua.

8.   Shalat Berjama’ah

Setiap waktu sholat dzuhur seluruh siswa dibimbing untuk melaksanakan shalat dzuhur secara berjama’ah. Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa disiplin dalam melakukan sholat Semua rangkaian kegiatan sholat dzuhur selalu dipantau oleh ustadz dan ustadzah. Untuk kelas 1 – 3 sholat dilakukan secara jaher (berbunyi lantang) sedangkan di kelas   4 – 5 sholat secara syir (diam).

9.   Biah Islamiyyah

Kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti mengucapkan salam, membantu teman, membuang sampah pada tempatnya, memungut sampah yang berserakan, berkata jujur dan lain sebagainya harus selalu dibiasakan dalam kehidupan di sekolah dan di luar sekolah.

10. Pagi Ceria

Salah satu bentuk kegiatan untuk memotivasi siswa dan program pembiasaan di pagi hariadalah kegiatan pagi ceria. Bentuknya berupa Yel-yel Afirmatif, Pembiasaan berbahasa arab dan inggris  serta Tadarus. 

11. Mengundang tokoh

Kegiatan mengundang tokoh akan memperkuat dan memperluas wawasan belajar siswa. Kegiatan mengundang tokoh ini meliputi tokoh dari berbagai disiplin profesi dan keilmuan.

12. Kantin dan Makan Siang

Kantin sekolah menyediakan berbagai makanan sehat dengan harga yang terjangkau siswa. Dalam kegiatan makan siang bersama dilaksanakan di kelas masing-masing dengan ditemani oleh wali kelas. Dengan kegiatan tersebut diharapkan tumbuh rasa kebersamaan serta membiasakan anak makan sesuai dengan adab Islam. Kantin dan makan siang pengelolaannya bekerja sama dengan bidang usaha Al Irsyad.

13. Ulang Tahun

Untuk melaksanakan ajaran Islam dengan kaffah dan membiasakan hidup tidak boros, sekolah melarang siswa mengadakan kegiatan ulang tahun. Ulang tahun bukan ajaran Islam dan tidak dicontohkan oleh Rasululloh saw.

14. Out Bound

Keberanian, kemandirian dan tanggung jawab meruapakan faktor penting dalam diri siswa. Untuk menunjang hal tersebut sekolah mengadakan program Outbound.  Kegiatan ini dilakukan diluar sekolah.

15. Reward (Penghargaan) Akademis dan Non Akademis

Reward akademik diberikan kepada anak yang memperoleh nilai mata pelajaran terbaik bukan juara kelas, sedangkan non akademik diberikan kepada anak yang terlihat menonjol dalam aspek sosial kemasyarakatan dan kepribadian seperti tertib sholat, makan dengan adab Islam, leadhership dan seterusnya.

16. Brain Gym atau Ice Breaking

Kejenuhan dan kebosanan pasti terjadi pada diri setiap anak, hal ini sudah diantisipasi oleh sekolah. Untuk itu perlu adanya kegiatan dan gerakan Brian Gym agar setiap anak dapat selalu ceria dan semangat dalam beraktifitas. Kegiatan ini masuk dalam pembelajaran di dalam kelas atau di luar kelas.

17. Family Day

Kegiatan bersama keluarga (ayah dan Ibu) sangat mengasyikan anak. Apalagi sang ayah sebagai mitra kerja dan teman dalam belajar anak. Sekolah menyelengarakan kegiatan ini sebagai arena lebih mendekatkan lagi hubungan kasih sayang antara ayah dengan anak.  Kegiaan ini terprogram setiap 1 tahun sekali untuk siswa Kelas I – III. 

18. Bina Prestasi

Setiap anak mempunyai potensi yang perlu dikembangkan. Optimalisasi kegiatan ini dikemas dalam kegiatan bina prestasi, yang meliputi kurikulum akademis dan non akademis. Di samping memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masing – masing siswa, juga untuk mempersiapkan mereka memenangkan lomba.

19. Morning Talk

Semua karyawan dan asatidzah serta siswa di pagi hari dianjurkan untuk berkomunikasi dengan bahasa asing ( Arab dan Inggris ). Kegiatan ini diarahkan untuk membentuk kebiasaan agar berkomunikasi dengan bahasa internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: