Ustazah Lia Lindawati Menangi Lomba PTK tingkat Nasional

10 12 2012

SAM_0845_1Purwokerto-Prestasi ustazah Lia Lindawati dalam dunia PTK memang tak diragukan lagi. Setelah dua kali mengikuti lomba PTK tingkat propinsi, guru kelas 2 Honest SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 ini mencoba peruntungan di tingkat nasional. Hasilnya tak mengecewakan, dari seribu naskah yang masuk Lia berhasil masuk babak semifinal bersama 70 peserta lain, dan akhirnya terpilih sebagai salah satu dari enam peserta terbaik Lomba Kreatifitas Guru yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Intel Indonesia Corporation.

Ajang bergengsi tahunan ini bertempat di Hotel Park Jakarta Timur tanggal 25 – 29 November 2012. Lia mempresentasikan karyanya yang berjudul “Optimalisasi Partisipasi dan Prestasi Belajar PKn Materi Kegiatan Bermusyawarah Melalui Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Karakter di Kelas 2 Terampil SD Al Irsyad 02 Pwt Tp 2011/2012”. Dengan mengenalkan media ular tangga berkarakter, Lia berhasil menarik perhatian juri.

Menurut jebolan MIPA Unsoed 2004 ini, metode ular tangga dipilihnya karena melihat pembelajaran siswa yang kurang efektif sehingga siswa kurang maksimal dalam menerima materi. Musyawarah yang dianggap masih abstrak untuk anak-anak semakin dikenalkan agar anak bisa bermusyawarah, mengeluarkan pendapat, dan juga menghargai pendapat orang lain. “Terpenting adalah anak bisa menerima kekalahan,” katanya. Untuk semakin maksimal, anak-anak dibagi menjadi kelompok di dalam kelas. Kelompok tersebut antara lain ada yang  bertindak sebagai guru, murid, dan juga ketua kelas. Anak diajarkan untuk memerankan peran masing-masing di depan kelas.

Mengikuti lomba PTK sangat menyenangkan, kita jadi tambah teman, tambah pengalaman dan saling berbagi ilmu. Otomatis kita mendapat metode pembelajaran baru dari presentasi peserta lain. Insya Allah tahun depan ikut lagi, tambahnya bersemangat.[waw0ne]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: