24 10 2012

“ MESKI SEMPAT TERSESAT , OUT DOOR STUDY LEVEL 5 TETAP SEMANGAT “

Selasa, 23 Oktober 2012 adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi level 5. Pada hari ini mereka semua sudah bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan out door study di Sentra Industri Tahu Desa Kalisari. Setelah semua siap, rombongan kegiatan out door study diberangkatkan oleh Wakil Kepala Sekolah Level 5. “ Dengan mengucap Basmalah, mari kita mulai kegiatan out door study ke pabrik tahu Kalisari. Mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar dan mendapatkan pembelajaran yang bermakna dari kegiatan ini” kata Febriyanti, S.Pd, Selaku wakil kepala sekolah level 5, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.

Alhamdulillah, kami sampai di tempat lokasi sesuai dengan rencana. “ Aduuh, Ustadzah… Jauh banget tempatnya. Aku tersesat sampai seberang desa. Abiku nyupirnya lambaat bangeet. Jadi ketinggalan rombongan.” Kata salah seorang murid. Ada beberapa mobil yang sempat tersesat ke seberang desa, namun tidak mengurangi semangat, antusias, dan keceriaan siswa – siswi dalam melaksanakan kegiatan out door study. Kegiatan out door study dimulai dengan pengarahan dari pihak perangkat Desa Kalisari. “ Selamat berwisata kuliner dan berwisata pendidikan di Sentra Industri Tahu Desa Kalisari” kata Kepala Dusun Desa Kalisari mengakhiri sambutannnya.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang pengolahan tahu, semua siswa melanjutkan kegiatan ke rumah-rumah industri kecil untuk melihat proses pembuatan tahu secara langsung. “Ustadzah Febri, tahunya enak, aku juga beli tahu dan krupuk kedelai.” Kata salah seorang murid. Ada beberapa macam tahu yang dibuat di sentra industri tahu, diantaranya tahu kuning, tahu putih, tahu bulat, tahu bakso, krupuk tahu, susu kedelai, dan krupuk kedelai. “ Dengan bahan baku kedelai, ternyata bisa dibuat berbagai macam makanan berprotein nabati yang menarik untuk disantap.” Kata Ustadzah Febri saat berkomunikasi dengan salah satu pemilik pabrik pembuatan tahu.

Out Door Study adalah salah satu pendekatan pembelajaran pendidikan yang dilaksanakan untuk memperjelas konsep materi yang telah diajarkan di kelas. Tidak hanya konsep materi teoritis didapatkan siswa tetapi secara konkret siswa bisa melihat langsung pembelajaran di lapangan[febri].


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: