Bulan Imunisasi

16 10 2012

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Kesehatan merupakan salah satu unsur kesejahteraan bagi masyarakat melalui pembangunan kesehatan dengan perencanaan terpadu. Dengan tersedianya vaksin mampu mencegah penyakit menular sebagai salah satu tindakan pencegahan yang efektif dan efisien.
Pemberian vaksin melalui program imunisasi merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat. Program imunisasi mengacu kepada konsep Paradigma Sehat, dimana prioritas utama dalam pembangunan kesehatan yaitu upaya pelayanan peningkatan kesehatan (promotif) dan pencegahan penyakit (preventif) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
Penyelenggaraan BIAS ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1059/Menkes/SK/IX/2004 dan mengacu pada himbauan UNICEF, WHO dan UNFPA tahun 1999 untuk mencapai target Eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal (MNTE) pada tahun 2005 di negara berkembang (insiden dibawah 1 per 1.000 kelahiran hidup dalam satu tahun). BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) atau sederajat (MI/SDLB) kelas 1, 2, dan 3 di seluruh Indonesia.
Itulah sekilas ulasan tentang BIAS yang menjadi program pemerintah untuk memerangi penyakit dalam rangka meningkatkan kesehatan nasional.
Pagi itu, tepatnya hari Rabu tanggal 10 oktober 2012 sebuah mobil ambulance yang membawa petugas dari PMI terparkir di halaman sekolah. Benar, hari itu akan diadakan imunisasi masal bagi siswa kelas 1, 2, dan 3 SD Al Irsyad Al islamiyyah 02 Purwokerto. Para siswa pun antusias mengikuti kegiatan itu, mereka berbaris didalam kelas sambil menunggu giliran untuk diimunisasi.
Dimulai dari siswa kelas 1, petugas pun mulai mengeluarkan perlengkapan imunisasi seperti jarum suntik, kapas beralkohol dan vaksin pencegah penyakit. Tak lama terdengar suara jeritan anak yang menangis. “Sakit….sakit…” begitulah jeritan dari salah seorang siswa. Memang banyak ekspresi yang ditunjukkan dari para siswa. Ada yang menangis, ada yang biasa saja, dan ada yang menangis lalu tertawa lagi karena diberi perment. “Iy, ini adalah salah satu cara untuk menenangkan mereka yang menangis, dengan diberi perment”, Kata ustadzah Tessari selaku Wakil Kepala Sekolah level 2 & 3.
Menjelang siang, seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 sudah diimunisasi seluruhnya. Para siswa pun langsung dipulangkan, agar mereka bisa langsung beristirahat di rumah masing- masing. Semoga dengan kegiatan ini, seluruh siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dapat terjamin kesehatannya dan terbebas dari segala macam penyakit. Amin.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: