PBB (Peraturan Baris Berbaris)

3 10 2012

Ada pemandangan yang berbeda di pagi ini. Pagi yang cerah saat sinarnya mulai terasa menghangatkan tubuh, siswa-siswi murid kelas 2 mengadakan pagi ceria general (bersama-sama) di halaman sekolah lokal selatan. Diawali dengan arahan dari Ustadzah Endang, para siswa diarahkan agar bisa berbaris dengan rapi. Para murid pun antusias mengikuti arahan dari ustadzah Endang. Kemudian tiba-tiba terdengar suara yang sangat lantang, “Siap Graaak” Ternyata, suara itu berasal dari salah satu ustadz, iya benar suara tegas itu adalah suara ustadz Honip. Siswa pun serentak mengikuti aba-aba itu.
Tak lama kemudian terdengar suara yang lantang lagi, “Hadap kiri…Graak”, Siswa pun kembali mengikuti aba-aba itu. Tetapi kali ini banyak siswa yang tampak kebingungan. Ada yang muter, ada yang saling berhadapan, bahkan ada yang diam saja karena mungkin tidak mengerti apa maksud aba-aba itu.
Iya, benar. Di pagi ceria kali ini seluruh siswa kelas 2 dikenalkan dengan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Hal ini sangat penting karena selain melatih kedisiplinan siswa, pengenalan ini juga dimaksudkan agar para siswa mengerti tentang peraturan yang ada dalam kegiatan baris berbaris. Peraturan baris berbaris ini juga sangat diperlukan karena banyak kegiatan yang menerapkan peraturan baris berbaris ini, Sebagai contoh dalam kegiatan upacara bendera.
Maksud dan tujuan
1) Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.
2) Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
3) Yang dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenanggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
4) Yang dimaksud rasa disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan pribadi yang pada hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan penyisihan pilihan hati sendiri.
5) Yang dimaksud rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.
Dengan pengenalan PBB ini, para siswa diharapkan bisa menerapkan sikap disiplin dimanapun dan kapanpun.
Semoga bermanfaat..amin.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: