Jelajah Alam di Desa Gandatapa

28 09 2012

Hari Rabu tanggal 26 September 2012 adalah hari yang ditunggu-tunggu para siswa level 4, mereka akan melaksanakan outdoor study ke Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang.
Hari yang ditunggu telah tiba. Siswa berangkat lebih pagi dari biasanya karena tidak mau ketinggalan berangkat outdoorstudy. Pukul 07.00 mereka bersiap-siap di halaman sekolah. Setelah semua masuk ke dalam kelompok mobil masing-masing, perjalanan pun dimulai. Sepanjang jalan mereka bernyanyi dengan gembira.
Pukul 07.45 mereka tiba di lapangan Desa Gandatapa. Mereka disambut oleh siswa-siswi SD N 1 Gandatapa. Setelah semua anak berbaris dengan rapi, Ustad Edi dan Ustazah Ulil maju memimpin Senam Ayo Bergerak Indonesia, senam terbaru yang gerakannya mengandung unsur tarian dari seluruh daerah di Indonesia. Acara diteruskan dengan makan bubur dan cimplung bersama. Ah sungguh nikmat makan bareng dengan teman baru..

Setelah puas menikmati bubur dan cimplung, kami bersiap siap untuk jelajah alam. Kami pun menyusuri sudut-sudut desa dengan panorama yang indah. Seperti layaknya game mencari jejak dalam pramuka, kami melewati sawah, sungai, jembatan bambu dan mendaki bukit pedesaan. Murid-murid SD Al Irsyad yang rata-rata anak kota ini merasa senang bisa jalan-jalan di pedesaan. Terlihat mereka kalah gesit dengan anak-anak SD Negri 1 Gandatapa yang sudah terbiasa dengan jalan terjal berbatu. Peluh pun bercucuran, tetapi ekspresi kegembiraan jelas terlihat di wajah mereka. Sekitar pukul 10.00 kami pun mencapai garis finish.

Setelah beristirahat sejenak, kami dibawa menuju lokasi perkebunan yang sangat luas. Terlihat berbagai tanaman siap panen, ada cabai, timun, pepaya, tomat, dan terong. Pemilik kebun mengajari kami cara memetik sayuran tersebut. Memetik cabai harus dipegang batang yang dekat buah, sementara tomat dan terong harus kami petik dengan gunting. Kami pun mulai memanen sayuran tersebut dengan gembira . Tak terasa sudah satu jam kami di area perkebunan. Hasil panen kami kumpulkan menjadi satu untuk ditimbang. Subhanalloh…ternyata hasil panen kami mencapai dua kwintal. Tepat pukul 11.30 kami pulang dengan hati senang dan membawa pulang hasil panen kami.[waw0ne]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: