Sebuah Catatan perjalanan Wisata edukatif

28 05 2012

Sore itu, tepat pukul 15.30 WIB,23 Mei 2012, halaman SD Al Irsyad 02 tampak ramai. Rupanya sore itu para siswa SD al irsyad 02 akan melakukan perjalanan rihlah ke Bogor. Tepat pukul 16.30 WIB rombongan pun di berangkatkan menuju kota Bogor. Perjalanan dari sekolah yang sangat jauh ke Cisarua, Bogor  tidak mematahkan semangat para siswa untuk melihat langsung proses pembuatan minuman susu permentasi yang tidak asing lagi bagi mereka. Tiba di pabrik Cimori, pada siswa disambut oleh sejuknya udara pegunungan dan indahnya pemandangan Gunung. para siswa terlebih dahulu berkumpul di halaman untuk mendengarkan penjelasan tentang minuman susu. Mr Kau, dari pihak PT Cimori kemudian mengajak rombongan menuju ke peternakan sapi. Sebelum ke peternakan kamipun di suguhkan segelas susu secara Cuma-Cuma. Puas menikmati susu, kamipun melanjutkan perjalanan menuju ke kandang sapi. Di sana kami kami di jelaskan tentang cara memerah sapi. Bebarapa siswa kamipun mencoba bagaimana memerah sapi setelah mendapat ilmunya dari Mr Kau. Selain itu kami juga dikenalkan tentang perbedaan sapi jantan dan betina serta di tunjukkan beberapa contoh sapi yang mempunyai produksi susu yang baik

Setelah itu, kamipun di ajak melihat langsung ke pabrik untuk melihat secara langsung proses pembuatan susu dari pemerahan sampai pada proses menjadi susu kemasan yang siap dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Tak ketinggalan kamipun diajak ke resto Cimori yang  merupakan restoran sekaligus di bawahnya pabrik susu dan peternakan sapi. Di situ kita bisa minum dan makan dengan menu andalan dan minuman andalan tentu serba susu. Kita bisa belanja susu dalam kemasan botol atau pun yogurt untuk oleh-oleh. Tapi yang menarik, kita juga bisa belajar tentang cara produksi susu dari mulai susu masih mentah hingga diolah menjadi susu yang siap saji. Di sana kita bisa coba memerah susu dari sapi. Selain itu juga bisa mendapatkan penjelasan banyak hal tentang pabrik susu. Tak kalah menariknya adalah kita bisa melihat film di theater kecilnya. Kita juga bisa melihat demonstrasi cara pembuatan milk shake.

Sebelum beranjak dari Cimori kamipun di suguhi demonstrasi pembuatan susu eskrim dari para chefnya. Tidak hanya melihat kamipun di persilahkan untuk menikmati hasil susu eskrim yang barusan di demonstrasikan untuk kami minum.

Tepat pukul 10.30 WIB Perjalanan akhirnya kami lanjutkan ke Taman safari Indonesia. Sebuah taman yang sengaja  di desain untuk wisata keluarga dan edukatif yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas.

Di dalam perjalanan kamipun membayangkan melihat dari dekat tentang binatang-binatang baik yang buas maupun yang tidak. Terdengar suara para siswa yang tak sabar untuk masuk ke Taman safari. Bayangan kamipun sirna tak kala melihat di depan kami terpampang tulisan “Selamat datang di Taman Safari Indonesia”. Hiruk pikuk suara para siswa terdengar dengan nada yang mengisyaratkan rona penuh keceriaan. Usai team pesan tiket kamipun melaju masuk ke dalam taman Safari. Baru beberapa meter Nampak jelas di hadapan kami gerombolan kawanan rusa yang sedang asyik makan rumput. Tak mau kehilangan moment, siswapun dengan cepat memasang kamera Handphonenya untuk mengambil gambar. Dan begitu seterusnya, sampai anak-anak teriak Harimau…Harimau…..harimau begitu melihat beberapa ekor harimau yang sedang bersantai dan bermalas-malasan di atas batu dan pohon. Anak-anak pun langsung menjepretkan kameranya kea rah harimau tersebut.

Di perjalanan kamipun dapat melihat dengan jelas kawanan Zebra yang sedang melintas, Harimau Raksasa Benggala, gajah Asia, Singa Afrika, Kuda Nil, Giraffe dan lebih dari 200 sepesies langka lainnya.

Tampak kegembiraan di wajah para siswa setelah melihat dari dekat hewan-hewan yang ada di taman safari. Pukul 13.30 wib setelah selesai menjamak sholat rombongan segera menuju ke bus untuk kembali meneruskan perjalanan. Dalam perjalanan pulang para siswa saling berbagi cerita dan bercanda ria. Berbagi file gambar melalui bluetoth antar kamera mereka.

“Bangun Karakter melalui Super Camp”Wisata edukatif kali ini tentu sangat menyenangkan para siswa, namun yang terpenting adalah itu semua adalah bagaimana para siswa dapat menjaga dan merawat alam dan lingkungan kita sebaik mungkin demi lestarinya alam Indonesia yang hijau nan bersih. Go green, Indonesiaku


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: