Belajar sejarah melalui Pameran Musium

28 05 2012

Belajar di dalam kelas merupakan metode pembelajaran yang sudah biasa dilakukan sehari-hari oleh sekolah manapun. Tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa melakukan pembelajaran langsung di lapangan, lebih efektif ketimbang membahas teori di lapangan.

Tepat selasa 15 mei 2012   puluhan siswa kelas IV dan V SD Al Irsyad 02 purwokerto, tampak paraa siswa berduyun-duyun dengan berjalan kaki dari sekolah menuju ke lokasi pameran yang terletak tidak jauh dari sekolah. Tujuan mereka adalah berkunjung ke pameran museum untuk melihat peninggalan sejarah yang masih tersisa. Selain prasasti bersejarah, dalam kunjungan itu, para siswa mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan keanekaragaman kondisi peradaban masyarakat pada zaman dahulu.

Pameran yang mengambil tema “Meniti jejak peradaban melalui keanekaragaman koleksi museum” bertempat di gedung Bakorwil Purwokerto diisi dari benda-benda milik Museum kebangkitan Nasional Jakarta, Musium basuki Abdulloh Jakarta, Musium perumusan naskah Proklamasi, Museum Wayang, prasasti peninggalan jaman dulu, alat-alat tehnologi yang digunakan masyarakat jaman dulu seperti setrika jaman dulu, telpon jaman dulu, dan masih banyak lagi peninggalan yang dipajang pada pameran tersebut.

Menurut Kepala SD Al Irsyad 02 Purwokerto, Totok Yulianto, kami berharap dengan adanya kegiatan pameran museum ini, dapat memberikan wacana pembelajaran dan untuk mengenalkan kepada siswa kami untuk mengetahui jejak-jejak peradaban pada masa yang lalu serta menggairahkan masyarakat untuk dapat melestarikan sejarah serta budaya bangsa.

Salah seorang siswa Audre, mengaku senang bisa berkunjung ke museum tersebut. Apalagi dengan melihat langsung koleksi berbagai museum di Indonesia. Tentu saja, hal-hal yang selama ini hanya dapat dilihat melalui TV atau buku cerita, kini sudah bisa dilihat langsung.

“Saya sangat senang sekali bisa mengunjungi pameran museum ini karena tidak setiap tahun diadakan. Apalagi, benda-benda bersejarah yang dipamerkan memberikan banyak pengetahuan bagi saya. (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: