“Bangun Karakter melalui Super Camp”

28 05 2012

Sebanyak 375 siswa  kelas 4-6 SD Al Irsyad 02 Purwokerto mengikuti Kemah di Bumi Perkemahan Palawi Baturaden. Para peserta yang terdiri dari 15 barung putra dan 16 barung  putri ini mengikuti kemah  selama selama dua hari mulai jum’at hingga sabtu tanggal 18-19 Mei 2012.

Kegiatan yang di helat selama dua hari ini bertujuan untuk mengajarkan kemandirian, kesetiakawanan social, leadership, dan tanggung jawab ini. “Melalui kegiatan ini kami berharap mereka dapat mempraktekkan materi yang selama ini di ajarkan di kegiatan Pramuka. Selain itu juga melatih kemandirian mereka, rasa setiakawan diantara mereka, membangun jiwa kepemimpinan serta dapat bertanggung jawab’ ungkap Kepala SD Al Irsyad 02, totok Yulianto di sela-sela pembukaan Supercamp.

Lebih lanjut ust totok menyampaikan “melalui kegiatan ini pula kami ingin menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan supercamp .Pendidikan karakter melalui metode kemah ini digunakan untuk membawa peserta pada suasana alam, juga untuk mendorong aktualisasi karakter dalam kegiatan praktik sehari-hari. kemah tersebut”

Adapun agenda kegiatan super camp SD Al Irsyad 02 Purwokerto di isi dengan berbagai kegiatan yang menarik antara lain lomba yel pentas dan apresiasi seni, game-game kekompakan, lomba kultum, lomba Happy Tahfidz,  telusur jejak petualang, api unggun dan diakhiri dengan outbound di hutan palawi baturaden.

Kegiatan ini merupakan kegiatan unggulan yang di helat setiap tahun. Kegiatan yang bertema ““Terwujudnya anak mandiri, bertanggungjawab serta Berakhlakul karimah”.” sengaja memilih hutan palawi agar dapat memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur alam dan kebutuhan melestarikannya dan mengembangkan sikap bertanggung jawab terhadap kelestariaanya. Di samping itu mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang akan di hadapi.

Keceriaan dan kegembiraan meliputi wajah-wajah  para peserta supercamp. Terlihat para siswa tersebut tengah asik,bercengkerama di

samping tenda dan ada juga yang bermain di arena out bound di sekitar lokasi. Di tengah lapangan terlihat puluhan tenda yang digunakan ratusan siswa tersebut untuk bermalam. Tak hanya itu mereka juga di suguhi pengalaman  menelusuri hutan yang sangat rimbun dan jarang di lalui manusia  meskipun sempat di guyur gerimis dan jalan setapak yang licin dan becek, mereka tetapbersemangat. Mereka juga harus berjuang menyelesaikan tantangan tracking yang di siapkan oleh panitia antara lain berbagai game yang menantang, semaphore, kimspell, haling rintang, permainan air serta pengetahuan tentang pramuka dll.

Tracking yang memakan waktu hampir 3 jam tersebut tak menyurutkan niat anak-anak untuk menyelesaikan rintangan demi tantangan seperti yang diungkapkan oleh salah satu siswa SD Al Irsyad 02, Faizal  mengatakan, senang bisa mengikuti kegiatan super camp. “meskipun banyak tantangan di perkemahan, aku Senang bisa mengikuti super camp tahun ini, karena kegiatannya juga seru dan menantang,” ucap siswa kelas VI SD tersebut. (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: