“Tumbuhkan empati melalui Sosial Day”

30 04 2012

Melatih kepekaan terhadap kondisi lingkungan haruslah dibina sejak dini. Sehingga dari pola kebiasaan tersebut akan terbentuk perilaku anak untuk berempati. Melatih jiwa kepedulian terhadap anak tidak dapat dilakukan secara sekejab tetapi butuh proses yang panjang untuk membentuk kebiasaan tersebut. Selain itu juga membutuhkan cara yang tepat agar anak-anak tergugah kesadarannya untuk peduli pada kondisi kondisi sesama yang tidak mampu.

Dalam rangka itulah siswa sebanyak 140 siswa SD  al Irsyad 02 Purwokerto kelas III beramai-ramai masuk dari satu rumah ke rumah yang lain dalam rangka  “ sosial day” di lingkungan sekitar sekolah, Kamis, 19 April 2012. Sekitar 110 paket bantuan berupa paket sembako  untuk warga lingkungan sekolah yang membutuhkan. Dan uniknya mereka sendiri yang memberikan secara langsung.

Kepala SD Al Irsyad 02 Purwokerto, Totok yulianto  mengatakan, kegiatan itu sengaja di rencanakan dan rencananya menjadi agenda rutin sekolah setiap tahun selain paket baksos Ramadhan. “Bakti sosial ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan empati siswa terhadap masyarakat lingkungan sekitar  yang kurang beruntung”Ungkapnya

Paket yang dibagikan, katanya, berasal dari uang jajan siswa yang sengaja disisihkan untuk kegiatan. ‘’ Sengaja kami anjurkan anak-anak untuk menyisihkan sebagian rizki yaitu uang jajan mereka untuk diberikan kepada mereka yang tidak beruntung”.

Meski jumlahnya relatif tidak sebanyak baksos Ramadhan, namun bantuan tersebut punya arti tersendiri bagi masyarakat kurang mampu yang menerimanya. Ust Totok menambahkan ini tentu punya kesan sendiri bagi para siswa melihat langsung kondisi lingkungan sekitar sekolah yang kurang beruntung sekaligus jadi pembelajaran langsung bagaimana menumbuhkan empati dan kepekaan social “Selain itu dengan adanya dengan kegiatan sosial ini dapat menimbulkan rasa toleransi sesama masyarakat. Selain itu juga merangsang timbulnya rasa empati pada orang yang ada di sekeliling kita.Kemudian dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, maka dapat menambah rasa kekeluargaan, kekompakan dan keakraban dalam diri siswa. Kemudian kegiatan social ini adalah momen yang baik untuk menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar, dengan guru” ungkapnya (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: