Ramai-rami “Pecah Celengan”

13 04 2012

Piarrr, terdengar dari halaman SD Al Irsyad 02 Purwokerto. Suara itu sahut menyahut sehingga tampak ramai sekali.  Sebanyak 109 celengan milik Siswa  di pecah bersama-sama, selasa 10 april 2012. Sebanyak 109 siswa kelas VI ramai-ramai memecah celengan mereka.  Mereka sangat asyik menghitung hasil tabungan yang mereka kumpulkan selama ini. Ada yang recehan logam dan ada uang kertas, semuanya tampak antusias menghitung tabungannya masing-masing.

Kepala SD Al Irsyad 02 Purwokerto, Totok Yulianto mengatakan  Aksi bongkar celengan tersebut untuk untuk membekali mereka khusunya untuk membiasakan pentingnya menabung untuk keperluan mereka sendiri dan sebagian rizki mereka di beriakan kepada orang yang berhak. “Menabung memang hal yang penting. Dengan memiliki tabungan, anak-anak dapat merencanakan hal-hal yang kita inginkan dan mempunyai cadangan dana saat diperlukan. Contohnya hasil tabungan tersebut untuk uang saku saat rihlah dll” uangkapnya.  Lebih lanjut Kita juga ingin menanamkan Sikap suka menabung dalam diri anak-anak kita sejak masih kecil dan mengajak anak-anak untuk lebih perduli dengan sesamanya, termasuk menyisihkan sebagian rizkinya untuk mereka yang membutuhkan”, imbuhnya menambahi

Setelah di hitung dengan bantuan para ustadz dan ustadzah terkumpul uang tabungan sebanyak Rp 20.000.000, dengan besaran jumlah uang yang di dapat siswa bervariasi sesuai dengan hasil celengan mereka. Menurut Ust Totok Program ini merupakan kelanjutan dari lomba mewarnai celengan yang dilaksanakan bulan September 2011 pada mata pelajaran Seni budaya dan ketrampilan (SBK). Dari pada terbuang begitu saja kemudian muncul ide atau gagasan memanfaatkan lebih lanjut untuk tabungan kecil. Dari situlah sebagian uang jajan anak-anak di sisihkan untuk di masukkan celengan setiap hari.

Sebelumnya terlebih dulu di sampaikan kepada orang tua tentang program menabung “Kepada orang tua siswa kita sampaikan bahwa celengan itu sengaja diberikan agar anak-anak dengan kesadaran sendiri berlatih menabung untuk keperluan yang tidak terduga dan sekaligus perduli sesamanya lewat tabungan dari celengannya. Alhamdulilah Ternyata orang tua mendukung program kami,” tambahnya.(Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: