“Menikmati see fod Mie Kribo”

5 04 2012

Sebanyak 140 siswa SD Al Irsyad 02 level IV , Selasa 2 april 2012 tampak sangat gembira dari pada hari biasanya. Terlihat raut wajah yang sumringah dari para siswa tak kala melihat sebuah mobil memasuki halaman sekolah. Rupanya mobil yang ditunggu-tunggu tersebut membawa bahan-bahan mentah untuk di masak menjadi makanan yang enak. Ternyata hari ini ada acara memasak bersama chef dari rumah makan “See fod Kribo”. Dan yang di masak tentunya makanan laut atau see fod. Bukan sekedar makan Mi see fod kribo tetapi mereka sengaja di datangkan ke sekolah untuk mengenal dan belajar bagaimana cara membuat makanan yang terbuat dari hasil laut tersebut.
Sebelumnya para sisiwa dibagi menjadi lima kelompok besar. Masing-masing kelompok terdiri dari 28 siswa. Sebelum memasak chef menjelaskan bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak yaitu mi, sayur kol, daun-daun, telor, kecap, lada, cumi, udang dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk mie-nya menurut chefnya di buat sendiri oleh pemilik See fod kribo tanpa menggunakan bahan pengawet, karena bahan pengawet sangat berbahaya bagi kesehatan. “Insyaalloh makanan yang kami sajikan adaalah makanan sehat dan yang jelas halal” kata chef.
Setelah mendapatkan penjelasan tentang bahan-bahan dan cara meracik bumbunya. Tibalah saat-saat yang di tunggu-tunggu yaitu memasak “Mie see fod kribo”. Dengan serius para sisiwa mengamati bagaimana cara chef membuat makanan tersebut. Dari mulai menggoreng telur sampai memasukkan semua bahan-bahan ke dalam wajan besar. Semua tak luput dari pengamatan para siswa. Selesai memasak 6 wajan mie see fod, giliran anank-anak yang menjajal bagaimana membuat See fod Mie kribo.
Puas melihat dan menjajal bagaimana membuat See fod mie kribo giliran mereka menikmati dan mencicipi makanan. Kelompok pertama berkesempatan mencicipi masakan yang sudah siap saji. Masing-masing siswa bersabar menunggu antrian mendapatkan jatah mi satu piring. Begitu seterusnya sampai seluruh peserta mendapat bagian mencicipi masakan tersebut.
Caca, salah seorang siswa merasa senang dengan kegiatan tersebut. “seneng banget bisa melihat dan menikmati proses pembuatan see fod mie kribo” ungkapnya. “Biasanya sih hanya tinggal makan saja, tanpa tahu bagaimana proses pembuatannya” ungkapnya menambahi. Di Tanya soal rasa Cacapun mengatakan makanannya enak banget.
Terpisah, Kepala SD Al Irsyad 02 Purwokerto, Totok Yulianto mengatakan tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan makanan yang sehat. Dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan anak-anak mendapat pengalaman baru tentang bagaimana membuat makanan yang sehat dan tahu cara bagaimana proses pembuatannya. “Di sini anak-anak dapat belajar tentang bagaimana proses pembuatan makan tersebut, dari mulai menyiapkan bahannya sampai menjadi makanan yang sangat enak serta mendapat pengalaman baru membuat makanan yang terbuat dari sari laut ini” ungkap Totok Yulianto

(Abdul qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: