“Ajarkan Pentingnya merawat gigi”

3 04 2012

Pagi, 22 maret 2012, Sebanyak 142 murid SD Al Irsyad 02 kelas I mengikuti pemeriksaan gigi gratis. Tampak Ratusan siswa dan siswi tampak antusias mengikuti pemeriksaan gigi yang ditangani oleh  dokter gigi drg Angraini. Kegiatan ini sengaja di program oleh karena berdasarkan data riset bahwa Kerusakan gigi Kesehatan Dasar penduduk Indonesia mengeluhkan sakit gigi. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir banyak penduduk Indonesia mengeluhkan adanya masalah gigi dan mulut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ratusan murid SD Al Irsyad 02 Purwokerto mendapatkan penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis. Pemeriksaan gigi gratis sendiri digelar di halaman SD Al Irsyad 02 lokal Utara.

Kepala SD Al Irsyad 02 purwokerto, Totok Yulianto mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mengajarkan cara merawat gigi yang benar bagi siswa. “ Sengaja kami memprogram kegiatan ini setiap tahun untuk mengajarkan kepada anak-anak supaya dapat merawat gigi dengan baik dan benar. Di samping itu juga memberikan pengarahan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi bari mereka”

Kegiatan yang di mulai jam 08.00 WIB ini dimulai dengan pemaparan materi dan penyuluhan tentang ciri-ciri gigi sehat dan perawatan gigi dengan menghadirkan dokter gigi  dr Anggi. drg Anggi  mengatakan, penyebab kerusakan gigi anak-anak karena makanan yang tidak higienis, dan banyak makan panganan yang mengandung gula. “Banyak jajan yang kurang higienis yang dikonsumsi oleh anak-anak,” ungkapnya

Setelah mendapatkan cukup materi dari dokter, tibalah acara yang di tunggu-tunggu yaitu pemeriksaan gigi satu persatu. Meskipun mengantri, tampak para siswa sangat antusias menunggu antrian. “Coba dibuka mulutnya.Wah ini ada satu gigi berlubang yang harus segera ditambal,” tutur drg Anggi kepada salah seorang siswa yang giginya berlubang.

Di akhir kegiatan drg anggi berpesan kepada anak-anak tentang pentingnya merawat gigi. “pesan ibu untuk anak-anak semua untuk merawat gigi dengan baik, caranya dengan rajin menggosok gigi setiap hari” pungkasnya di sela-sela pemeriksaan. (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: