“Simulasi Sidang Paripurna DPRD Banyumas”

5 03 2012

Belajar tidak harus didalam ruangan. Ruangan tidak harus tersekat oleh kelas. Begitulah yang sedang dilaksanakaan oleh siswa kelas IV SD Al Irsyad 02 purwokerto. Mengambil tema pelajaran PKn tentang struktur pemerintahan daerah, para siswa belajar langsung pada sumbernya yaitu para anggota dewan perwakilan daerah (DPRD) kabupaten Banyumas.
Kegiatan yang berlangsung rabu 29 febuari 2012 ini bertujuan untuk bersilaturrahmi sekaligus tindak lanjut dari belajar kontekstual terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan, yakni sistem dan struktur pemerintahan daerah khususnya mengenal tugas, dan tanggung jawab anggota legislatif.

Menurut kepala sekolah, Totok Yulianto, S.Pd “Siswa sengaja kami ajak datang ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Banyumas, salah satu tujuannya adalah bersilaturrahmi dengan anggota dewan, disamping itu juga untuk menerapkan pelajaran PKN. Kunjungan semacam ini penting bagi siswa, sebab dengan demikian mereka bisa melihat dan bertanya langsung dengan anggota dewan, tentang struktur dan fungsi DPRD. Dengan demikian siswa bisa memahami pelajaran yang telah diberikan dengan baik”

Sebelumnya para siswa diterima oleh humas DPRD kab Bayumas, Ibu Sri Utami, beliau menyambut rombongan para siswa dengan baik. Bahkan dia mengaku terhibur, sebab para siswa dinilai masih polos dan jujur. “Kami berharap kunjungan ke DPRD kabupaten Banyumas dapat bermanfaat di kemudian hari, paling tidak mampu menambah wawasan para siswa. Syukur-syukur ke depan mereka yang kelak akan menggantikan kami-kami di sini.”ungkapnya disela-sela mengantar para siswa.
Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan perkenalan. Selanjutnya para siswa di ajak menuju ruang sidang utama atau ruang siding paripurna untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Ibu Sri Utami melaui slide poyektor.
Para siswa dijelaskan tentang system pemerintahan, pembagian kekuasaan, dan seluruh tugas dan wewenang DPRD secara umum. Tak ketinggalan, para siswa juga di kenalkan dengan fraksi-fraksi yang ada di DPRD. Lebih lanjut bu Sri utami menjelaskan bahwa “DPRD merupakan wadah demokrasi, seperti sebuah kelas yang nantinya dipimpin oleh seorang ketua dan tugas anggota dewan terdiri dari tiga hal, anggaran, legislasi dan pengawasan,”

Selesai menyampaikan materi, giliran para siswa melakukan simulasi rapat paripurna. Bertindak sebagai ketua DPRD, Adam memimpin sidang paripurna. Setelah membacakan materi sidang, berbagai pertanyaan pun muncul dari berbagai fraksi. Lucunya ketua sidang ikut menyampaikan pertanyaan kepada fraksi. Dengan sigap,Sekar ayu dari fraksi empati langsung menjawab lontaran dan pertanyaan dari ketua sidang. Begitulah suasana persidangan ala anggota DPRD Al Irsyad 02.

(Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: