Menengok Scientis Day SD Al Irsyad 02

13 02 2012

Pagi 26 Januari 2012 terlihat siswa kelas 5 sedang sibuk menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk praktek science. Ya, karena pada hari itu SD Al Irsyad 02 menggelar acara yang bertajuk “Scientis Day”

Sebelumnya siswa di bagi menjadi 15 kelompok untuk membuat 15 alat peraga science untuk mengasah kemampuan penuasaan materi IPA. Tampak para siswa sangat  antusias mengikuti kegiatan itu. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari teori-teori yang telah didapatkan oleh siswa dan dilanjutkan dengan praktek langsung membuat alat peraganya.

“Kegiatan ini sendiri baru sekali ini dan rencananya akan kami kemas yang lebih menarik di tahun-tahun yang akan dating”. Ungkap Totok Yulianto dalam sambutannya. “Selain itu kami berharap bahwa siswa-siswa kami diharapkan akan lebih mudah memahami dengan gejala-gejala sains yang sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari” tambah Ust Totok menambahi.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa bentuk pembelajaran materi ini mencakup dua muatan sekaligus. Yakni integrasi nilai Islam dan pembuatan sesuatu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada program scientis day, setiap kelompok siswa diwajibkan membuat alat eksperimen IPA atau Matematika yang sudah di tentukan. Alat-alat yang dibuat merupakan alat-alat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti seismograp sederhana, alat pendeteksi banjir sederhana, kartu monopoli untuk membantu menghitung balon magnet dan lain-lain.

Menurut Ust sudrajat, selaku coordinator mengatakan bahwa Keseluruhan hasil karya anak-anak rencananya akan di pamerkan pada pameran pendidikan. “Rencananya, kami akan memamerkan hasil karya anak-anak dalam pameran pendidikan pada saat open house nanti”

Di sini para siswa diajarkan untuk mandiri dan bertanggung jawab dalam menyiapkan bahan untuk membuat alat peraga. Dan tak kalah penting dari hasil karya mereka adalah mereka harus mempresentasikan hasil karya mereka kepada teman-teman mereka. (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: