Siswapun Bercerita

5 01 2012

Wajah lucu Sekar arum tampak terlihat percaya diri saat dipanggil team juri maju ke depan utnuk bercerita. Siswa kelas 4 empati SD Al Irsyad 02 inipun langsung mendapat aplaus dari teman-temannya. Dengan lantang sekarpun mengucapkan salam, dan sekali lagi suasana tambah ger-geran saat sekar mulai bercerita. Dengan logat khas banyumasan sekarpun bercerita tentang liburannya.

Lain lagi dengan Nabila kelas 4 bijaksana,dengan tenang nabila pun maju ke depan di sambut dengan dukungan dari rekan-rekan sekelasnya. Dengan tenang Nabila mengucapkan salam. Tak di sangka dibalik ketenanganya nabilapun dengan lincah mulai bercerita. Teman-temannya pun di buat terkagum-kagum dengan cerita nabila. Penampilan ekspresif, penuh aksi, dengan gaya serta kadang-kadang humoris ini semakin membuat teman-teman dan dewan juri terkagum menyaksikan penampilan Nabila.

Sudah menjadi sesuatu yang lazim jika anak-anak mendengarkan orang tua atau guru kita bercerita atau mendongeng atau sekedar membacakan cerita kepada anak-anaknya, namun kali ini berbeda, anak-anak kelas 4 dan kelas 5 mengadakan lomba bercerita. Kisahnya pun di ambil dari kisah mereka selama liburan semester. Rupanya mereka juga tak mau kalah dengan ustadz dan ustadzahnya setelah mendapat pelatihan tehnik bercerita pada tanggal 27 Desember 2011 kemaren. Mereka bercerita di depan ustadz dan ustadzah serta di hadapan teman-teman mereka.

Wajah lucu dan lugu anak-anak, satu-satu mulai bercerita ketika dipanggil oleh dewan juri untuk maju dihadapan teman-temannya. Setiap siswa yang bercerita menunjukkan mimik muka masing-masing sesuai dengan apa yang diceritakannya. Bahkan ada juga yang seperti menghafal dan terlihat tegang.

Menurut Ustadz Totok, kepala SD Al Irsyad 02 “Kegiatan ini merupakan slah satu bagian dari kegiatan orientasi siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih ketrampilan berkomunikasi serta melatih kepercayaan diri siswa”. Harapan  kami tidak hanya guru saja yang bisa bercerita tetapi anak-anakpun bias bercerita. Sikap, bahasa, kelancaran bercerita, ekspresi mereka dinilai oleh tiga orang juri dari dewan guru.

Lomba yang digelar tanggal 4 Januari 2012 inipun diakhiri dengan pengumuman pemenang. Pemenang pertama diraih oleh Nabila kelas Bijaksana, peringkat dua diraih oleh Sekar arum dari Siswi kelas 4 empati. Sedangkan untuk peserta putra juara I jatuh pada Adam dan juara II jatuh pada Raihan. (Abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: