“Sambut tahun baru Hijriah dengan pawai dan panggung berani”

29 11 2011

Ratusan siswa SD Al Irsyad 02  purwokerto menyambut Kedatangan  tahun baru  Islam 1433 hijriah yang jatuh pada hari ahad 27 Nopember 2011 dengan pawai dan panggung berani.  Untuk menyambut kedatangan tahun baru Islam tersebut, sengaja sekolah mengadakan   tarhib berjalan kaki dari sekolah menuju ke jalan dokter angka – jalan kasatrian dan jalan jatiwinangun kemudian kembali lagi ke sekolah.kegiatan yang dimulai pukul 07.00 di awali dengan sambutan kepala sekolah dengan melepas balon sebagai symbol dimulainya pawai tarhib.

Kepala SD Al Irsyad 02, Totok Yulianto, S.Pd  mengatakan bahwa kegiatan menyambut tahun baru Islam kali ini akan diawali dengan orasi tentang makna tahun baru hijriah bagi umat islam. Dilanjutkan dengan pawai dengan menggunakan berbagai atribut dan poster.

Rute tarhib dimulai dari sekolah. Setelah dilepas oleh kepala sekolah, peserta beriringan sesuai dengan masing-masing barisan profesi. Ada yang berpakaian ala polisi, tentara, dokter,pengusaha, manager lengkap dengan dasinya, olah ragawan, ulama’, tukang sayur dan atribut-atribut yang lain. Mereka semua  akan berpawai sepanjang jalan dengan sekolah-jalan dokter angka-jalan kasatrian-jalan gatot subroto-jalan jatiwinangun dan finis kembali di sekolah .

Para petani, dokter, polisi, tentara hingga pedagang sayur tumplek blek memenuhi jalanan di purwokerto.sambil membawa poster gabungan beberapa profesi itu berjalan menyusuri rute jalan yang sudah di tentukan.

Menurut kepala sekolah “ mereka semua yang dari petani sampai tukang sayur semuanya ikut senang dan menyambut datangnya tahun baru Muharam dengan penuh harapan agar supaya satu tahun ke depan lebih baik dan lebih berkah”

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka mengenalkan dan memberi wawasan kepada masyarakat sekaligus mengingatkan umat islam purwokerto bahwa ahad besuk adalah tahun baru hijriah” lanjut Totok menambahkan. Ada sebagian masyarakat melupakan momentum penting ini. Mereka lebih suka merayakan tahun baru Masehi dengan berbagai keglamorannya di banding tahun baru Islam. Ujar Totok menambahi.

“Setelah anak-anak beristirahat, kegiatan akan dilanjutkan dengan panggung berani. Disini mereka akan tampil dengan berbagai penampilan secara spontan. Ada yang menampilkan puisi tentang muharam, ada yang berpidato tentang sejarah penetapan Hijriah, ada yang menyanyi dan masih banyak lagi penampilan ,” jelas sambung Ust qohin.

Sebelum pulang ke rumah, para siswa juga mendapat tausyiah dari wali kelas dengan tema “Tahun Baru Islam 1433H merupakan sarana intropeksi diri dan momentum perubahan menuju ridho ilahi, berahlak mulia, menjunjung tinggi nilai-nilai agama Agama.” kata Ust Qohin (abdul Qohin)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: