Akhlaq Seorang Mukmin

19 08 2011

Kehidupan merupakan sebuah proses yang tidak diketahui jalurnya dengan pasti kecuali oleh Yang Maha Tahu, sehingga hal ini sangat perlu dijalani dengan penuh kearifan. Kearifan kita sebagai seorang mukmin dalam mengarungi bahtera kehidupan, tentunya adalah dengan memiliki akhlaq yang mulia. Akhlaq yang mampu dijadikan sebagai contoh oleh yang lain, sebagai manifestasi terhadap apa-apa yang telah diyakininya dalam kalbunya. Beberapa akhlaq yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebagaimana sabda beliau:

“Menakjubkan urusan yang menimpa seorang mukmin. Sungguh, semua urusannya membawa kebaikan untuknya. Tidak ada seorang pun yang bisa seperti itu selain seorang mukmin. Jika kegembiraan menimpa dirinya, ia bersyukur. Sikap syukur ini membawa kebaikan baginya. Jika ditimpa kesusahan, ia pun bersabar. Sikap sabarnya ini pun membawa kebaikan untuknya.” (HR. Muslim No 64 dari Abu Yahya bin Sinan Radhiyallahu ‘anhu)

Hadits ini mengajarkan kepada kita, bahwa kehidupan ini tidak akan pernah terlepas dari dua perkara: senang dan susah. Kita sebagai seorang mukmin tentunya dapat menyikapi kedua perkara tadi dengan menyadari bahwa segala sesuatu telah ada catatannya di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Apa yang telah Allah takdirkan bagi kita tentunya adalah baik, ada hikmah dari setiap yang terjadi. Sehingga jika yang datang kepada kita adalah kebaikan maka kewajiban kita adalah bersyukur kepada-Nya sambil berharap semoga Allah berikan kesenangan-kesenangan yang lain seperti yang Allah janjikan dalam Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7. Akan tetapi manakala yang datang kepada kita adalah kesusahan, maka kita dianjurkan untuk bersabar sambil berharap semoga Allah menghilangkan kesusahan dan menggantikannya dengan pahala di sisi-Nya.
diambil dari smpalirsyad-purwokerto.sch.id (ust. bincp)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: