Pergi Melihat Sapi Naik Angkot

27 05 2011

Hari Kamis pagi tanggal 20 Oktober 2010 di halaman SD Al Irsyad 02 terlihat beberapa angkot seperti sedang menunggu penumpang. Jangan mengira halaman SD Al Irsyad 02 telah berubah fungsi menjadi terminal angkot. Ternyata angkot-angkot ini sedang menunggu siswa kelas II yang hendak “out door study “ ke peternakan sapi perah di Baturaden.

Keceriaan terpancar dari wajah siswa yang ingin segera naik angkot untuk  melihat sapi. Sebelum diberangkatkan ustadzah Dewi memberikan pesan-pesan kepada siswa. Siswa tampak sangat menikmati perjalanan  naik angkot ini, sepanjang perjalanan mereka menyanyikan lagu “ Aku Anak Gembala” dan “Memandang Alam” selain itu ada juga yang bermain tebak-tebakan, pak supir hanya tersenyum melihat kelucuan anak-anak kelas II.

Setelah kurang lebih 15 menit perjalanan sampailah  rombongan SD Al Irsyad 02 di peternakan. Di sana sudah tampak beberapa orang pegawai peternakan yang menyambut kedatangan siswa dengan ramah. Dari pihak  peternakan yang diwakili oleh bapak Natsir menjelaskan sedikit tentang peternakan sapi yang dikunjungi selain itu beliau juga menjelaskan aturan yang harus ditaati siswa selama melihat-lihat kompleks peternakan. Karena jumlah siswa yang banyak maka rombongan di bagi menjadi 2 kelompok. Secara bergantian  kelompok pertama diajak berkeliling melihat peternakan terlebih dahulu sementara kelompok kedua diajak menonton film dokumentasi kegiatan yang dilakukan peternakan mulai dari pembibitan, pemberian pakan, pemerahan dsb.

Selama perjalanan mengelilingi peternakan siswa sangat antusias sambil mendengarkan penjelasan  bapak Dedi dari pihak peternakan yang mendampingi rombongan. Pertama masuk ke area peternakan siswa diajak melihat  sapi-sapi yang tengah  masuk ke kandang sehabis digembalakan di padang rumput yang sangat luas. “ Wah.. bau  ustadzah” celetuk Fikri siswa kelas II An Naml, walaupun agak bau  kotoran sapi, tapi hal itu tidak mematahkan semangat siswa untuk masuk ke kandang sapi. Siswa terheran-heran melihat ukuran sapi yang besar-besar. Setelah itu siswa diajak melihat sapi yang sedang dimandikan, mereka terlihat sangat gemas sewaktu masuk ke kandang anak sapi yang masih kecil dan tampak lucu.

Puas melihat kandang sapi siswa kemudian diajak melihat mesin pemerah susu. Tempat  terakhir yang dikunjungi adalah lahan penanaman rumput pakan sapi. Ternyata sapi-sapi perah ini tidak diberi makan  rumput sembarangan. Ada 20 jenis rumput yang khusus di budidayakan untuk pakan sapi. Beberapa siswa tampak berlarian di area padang rumput mereka senang melihat lapangan hijau yang sangat luas.

Setelah acara jalan-jalan dan nonton  film selesai kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada pihak peternakan dan acara minum susu bersama. “ Ehmmm… enak dan segar susunya” kata anak-anak. Benar-benar sebuah pengalaman yang luar biasa bisa melihat secara langsung  peternakan  sapi. Semoga banyak ilmu dan pengalaman berharga yang dapat diambil oleh siswa melalui acara “ Out door study” kali ini.

Lilis Retnaningsih, S.Si


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: