Profil Sekolah

11 05 2011

A. Sejarah

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto salah satu sekolah yang berada di Desa Purwokerto Lor yang letaknya sangat strategis karena berada di tengah perkotaan sehingga dekat dengan kantor pemerintahan, Kantor Unit Pendidikan, Puskesmas, Kantor Kepolisian serta pertokoan Kebon Dalem.

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto didirikan pada tanggal 1 Januari 1968 oleh Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, seiring perkembangan waktu telah mengalami peningkatan dalam berbagai hal, seperti, sarana prasarana, guru dan jumlah siswa

Dan sekolah kami juga sering menerima kunjungan studi banding dari sekolah dalam kota maupun luar kota, juga dari luar negeri. SD Al Isyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dengan visi dan misinya dengan segala keterbatasan serta kemampuannya mencoba untuk menyelenggarakan pola pendidikan menuju Sekolah Inklusi. Kegiatan ini sudah kami jalankan mulai awal tahun pelajaran 2001/2002.

B. INDENTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah : SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

2. Nomor Statistik Sekolah : 104003104049

3. Alamat Sekolah : Jl. Nakula No. 2 Jatiwinangun Purwokerto

Kecamatan : Purwokerto Timur

Kabupaten/Kota* : Banyumas

Propinsi : Jawa Tengah

Kode Pos : 53114

Telepon & Faksimili : (0281) 635158/7621520

E-mail : sd.alirsyad02.pwt@gmail.com

4. Status Sekolah/Madrasah : Swasta

5. Nama Yayasan : Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

6. Nomor Akte Pendirian : K/203/IIIb/75

7. Tahun Berdiri Sekolah : 1968

8. Luas Tanah milik sendiri : 614.15 m2

9. Luas Bangunan milik sendiri : 545.15 m2

8. Luas Tanah milik sewa : 2.606.65 m2

9. Luas Bangunan milik sewa : 1.079.365 m 2

C. Visi DAN MISI Sekolah :

Visi Sekolah

“MENJADI SEKOLAH DASAR ISLAM UNGGUL DI JAWA TENGAH”

Misi Sekolah

a. Meningkatkan mutu SDM melalui pembinaan intensif dan pelatihan atau seminar.

b. Memupuk kepercayaan diri siswa untuk menghadapi segala masalah.

c. Mengembangkan jiwa leadership dan problem solving.

d. Membentuk dan membiasakan Biah Islamiyah (lingkungan islami) dalam kehidupan sehari-hari.

e. Meningkatkan kompetensi akademis dengan proses pembelajaran yang optimal dan bermakna.

f. Meningkatkan kemampuan berbahasa arab dan inggris untuk pengembangan diri.

g. Membina potensi siswa agar berkembang sesuai dengan kemampuannya.

D. WAWASAN PENDIDIKAN SD AL IRSYAD AI ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO

1. Islam Agama yang Sempurna dan Rohmatan Lil’alamiin.

Islam sebagai agama yang sempurna dan rohmatan lil’alamiin menyediakan perangkat yang memadai untuk mendidik umat manusia. Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menjunjung nilai–nilai Islam dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap kualitas pendidikan guna mewujudkan pribadi yang cerdas beradab dan berakhlak mulia serta bermanfaat untuk bangsa Indonesia dan seluruh ummat manusia.

2. Pendidikan anak merupakan tanggungjawab orangtua dan amanah bagi sekolah.

Pada dasarnya pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, sedangkan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto lebih berperan sebagai fasilitator dengan menyusun kebijakan umum, mengembangkan kurikulum, potensi dan minat anak didik. Untuk membangun masa depan mereka yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

3. Kita semua adalah murid sekaligus guru

Pendidikan di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto bukan hanya proses transfer ilmu dari guru kepada murid, melainkan – lebih dari itu – memiliki agenda untuk membangun sebuah masyarakat pembelajar (learning society). Masing-masing pihak berperan sebagai guru dan sekaligus sebagai murid. Setiap orang haruslah senantiasa belajar dari yang lain, dan juga berbagi kepada yang lain. Baik guru, orang tua, pengurus, masyarakat sekitar maupun murid kesemuanya dikondisikan untuk bisa saling belajar dan berbagi pengalaman hidup.

4. Era globalisasi dan teknologi adalah nyata

Menyadari sepenuhnya bahwa pergaulan antar bangsa berlangsung semakin intens, di mana batas geografis dan budaya sudah bisa terhubungkan melalui teknologi modern dan mobilitias masyarakat, maka kita – siap atau tidak siap – sesungguhnya sudah masuk dalam jaringan masyarakat global. Anak harus disiapkan guna dapat memasuki era tersebut, tentunya dengan membentengi anak dari dampak negatif yang menyertai era tersebut. Pengenalan teknologi khususnya komputer dan bahasa asing sudah dikenalkan sejak TK.

5. Setiap anak adalah bintang dengan potensinya masing-masing.

Setiap pribadi anak pada fitrahnya adalah suci dengan derajat dan hak-hak yang sama, sekalipun dengan potensi, minat dan pertumbuhan pribadi yang berbeda-beda. Tugas sekolah dan orang tua adalah memberikan fasilitas, dorongan serta bimbingan pada siswa untuk mengembangkan potensi dan minatnya, yang di dalamnya tumbuh kultur sekolah yang saling menghargai kelebihan dan memaklumi kekurangan masing-masing.

6. Pengembangan kepribadian itu penting guna membentuk kemandirian dan kepemimpinan.

Pengembangan kepribadian menyangkut aspek kecerdasan yang luas seperti “Emotional – Spiritual Quotient” (ESQ), kreativitas dan kecerdasan hati. Pendidikan yang hanya menekankan aspek IQ (intelectual quotient) tanpa diimbangi aspek kepribadian pada akhirnya akan mengantarkan anak sebagai seorang spesialis, tetapi kurang mandiri dan tidak cakap menjadi pemimpin di lingkungannya. Kecakapan mengenal diri, komunikasi, bersosialisasi, memenej, memecahkan masalah, team work dan kemampuan mengambil keputusan lebih penting dikembangkan dari pada hanya aspek pengetahuan.

7. Semua SDM adalah guru

Seluruh SDM dari petugas kebersihan (K5) sampai kepala sekolah (KS), baik tenaga edukatif maupun non edukatif adalah guru. Sebutan ustadz/ustadzah diberikan kepada seluruh SDM, sebagai sarana untuk memberi motivasi dan tanggungjawab agar berupaya menjadi figur pendidik. Peran SDM sebagai ustadz dituntut untuk dapat memadukan fungsinya sebagai pengajar, pendidik, orangtua, kakak dan teman, untuk mendukung proses pembelajaran.

Guru maupun karyawan haruslah memiliki kompetensi dan tanggung jawab untuk mendukung keberhasilan para siswa. Kegiatan pelatihan, mengundang nara sumber, studi banding, magang dan pembinaan diniyyah merupakan agenda pembinaan dan pengembangan SDM.

8. Muatan dan metode harus unggul agar sekolah menjadi unggul

Kurikulum Pendidikan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengikuti rambu-rambu Pendidikan Nasional yang dikembangkan dan diperkaya. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan terpadu diterapkan agar siswa dapat memiliki kecakapan untuk saling menghubungkan antar mata pelajaran dan mampu mengkaitkan dengan pengalaman hidup sehari-hari. Melalui kurikulum terpadu pemanfaatan waktu menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan target kurikulum.

Metode pembelajaran menggunakan pendekatan “Student Active Learning (SAL)” dimana menempatkan siswa sebagai subjek, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan stimulator.

9. Mutu terwujud bukan otomatis tetapi harus dikelola

Semangat dalam membuat program-program baru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Seluruh staff dan guru serta menejemen selalu berusaha membuat lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan tantangan kepada siswanya. Mutu sekolah terwujud dengan dikelola. Mulai dari Input, Proses dan output dikendalikan agar outcome memiliki daya guna. Tujuan manajemen adalah perbaikan yang terus-menerus. Pedoman pengelalaan mutu disusun sebagai kontrol dan parameter kinerja dan mutu sekolah. Sebagai bentuk kesungguhan mewujudkan mutu kami upayakan dalam suatu Sistem Manajemen Mutu (SMM).

10. Itu semua adalah ibadah

Kehidupan ini bermakna dan indah dengan berbagai aktivitas yang dicintai dan diridloi Alloh. Pendidikan penuh dengan amal yang tidak terputus. Ilmu yang diajarkan dan diamalkan, harta yang diinfakan dalam pendidikan dan membentuk anak yang sholeh yang senantiasa mendoakan orangtuanya. Dunia merupakan tempat menanam dan akherat merupakan tempat mengetam. Kebahagaian di dunia kita harapkan dan kebahagiaan akherat menjadi idaman. Robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar.

E. JAMINAN MUTU

1. SADAR SHOLAT

a. Mengerjakan sholat 5 waktu.

b. Merasa berhutang bila tidak mengerjakan sholat.

c. Segera mengerjakan sholat ketika mendengar adzan.

2. BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

a. Mencium tangan orang tua ketika akan bepergian atau datang.

b. Selalu mendo’akan orang tua.

c. Selalu menyenangkan kedua orang tua.

d. Mengucapkan salam ketika masuk dan keluar rumah.

e. Minta izin ketika akan keluar rumah.

3. TARTIL MEMBACA QUR’AN

a. Menguasai makhrujul huruf.

b. Mampu mempraktekkan hukum bacaan nun sukun atau tanwin, dan mim sukun serta tanda waqof.

4. HAFAL JUZ ‘AMMA

Lulus kelas VI hafal juz ‘amma dengan tartil.

5. MEMILIKI JIWA LEADERSHIP

a. Berani tampil menjadi imam sholat, ketua barisan / kelompok, atau kelua kelas.

b. Menyelesaikan perselisihan di lingkungannya.

c. Terbiasa bekerja dalam kepanitiaan.

6. PERCAKAPAN SEDERHANA BAHASA INTERNASIONAL (ARAB DAN INGGRIS)

a. Mengenalkan dirinya, keluarga dan aktifitasnya.

b. Bertanya dan menjawab dengan bahasa internasional sederhana.

7. KEMAMPUAN KOMUNIKASI LANCAR DAN BAIK

a. Bicara di depan umum minimal 5 menit tanpa teks.

b. Menanggapi pertanyaan orang lain dengan tenang dan lancar.

8. MEMILIKI KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF

Bisa mengambil pokok-pokok pikiran ketika membaca artikel sederhana atau buku.

9. SENANG MEMBACA

a. Membaca satu buku minimal 1 (satu) bulan.

b. Aktif mengunjungi perpustakaan sekolah ketika istirahat atau jam bebas.

c. Rajin meminjam koleksi perpustakaan.

d. Mengunjungi perpustakaan lain di luar sekolah.

10. DISIPLIN WAKTU

a. Segera menyelesaikan pekerjaan / tugasnya.

b. Mengerjakan sesuai jadwal / target.

11. PERCAYA DIRI DAN RENDAH HATI

a. Berani presentasi di depan kelas / apel.

b. Senang jika diutus untuk mewakili sekolah ketika lomba.

c. Memuji Allah (mengucap الحمد لله ) ketika meraih prestasi.

12. PERILAKU SOSIAL BAIK

a. Mengumumkan jika menemukan uang atau barang.

b. Mengucapkan salam kepada orang yang dikenal atau tidak dikenal (tamu).

c. Suka berbagi dengan teman.

13. BERBUDAYA SEHAT DAN SUCI

a. Memotong rambut maksimal satu bulan sekali.

b. Memotong kuku maksimal sepekan sekali.

c. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

d. Mebuang sampah ditempat yang sudah disediakan.

e. Menjaga diri dari najis dan benda-benda yang diharamkan.

14. 6 (ENAM) BIDANG STUDY WAJIB TUNTAS ( > / = 8,0 )

Untuk mata pelajaran :

a. Matematika

b. Bahasa Indonesia

c. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

d. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

e. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

f. Bahasa Inggris

Adapun target pencapaian 14 standar mutu tersebut sebagai berikut :

NO

STANDAR MUTU (QUALITY ASSURANCE)

KELAS

1

SADAR SHOLAT

III

2

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

II

3

TARTIL MEMBACA QUR’AN

IV

4

HAFAL JUZ ‘AMMA

VI

5

MEMILIKI JIWA LEADERSHIP

V

6

PERCAKAPAN SEDERHANA BAHASA INTERNASIONAL (ARAB-INGGRIS)

I

7

KEMAMPUAN KOMUNIKASI LANCAR DAN BAIK

IV

8

MEMILIKI KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF

V

9

SENANG MEMBACA

I

10

DISIPLIN WAKTU

II

11

PERCAYA DIRI DAN RENDAH HATI

II

12

PERILAKU SOSIAL BAIK

III

13

BERBUDAYA SEHAT DAN SUCI

I

14

6 (ENAM) BIDANG STUDY WAJIB TUNTAS ( > / = 8,0 )

VI

F. BUDAYA SEKOLAH

Ibadah

1. Wudhu dan sholat dengan bersungguh – sungguh.

2. Memuliakan masjid dengan berdzikir, sholat, membaca Al Qur’an dan tidak berisik.

3. Bersungguh – sungguh ketika berdo’a

4. Memulai setiap kegiatan dengan basmalah dan mengakhiri dengan hamdalah.

5. Beribadah sesuai dengan tuntunan Rosul dan menghindari yang tidak ada tuntunannya.

Akhlaq

1. Berdo’a sebelum dan sesudah belajar.

2. Membiasakan senyum dan salam.

3. Hormat dan patuh kepada ustadz-ustadzah, orang tua, dan orang yang lebih tua.

4. Menyayangi dan menghormati sesama teman.

5. Membiasakan berjabat tangan ( dengan teman sejenis )

6. Menghindari perkataan kotor dan mengolok – olok.

7. Tidak segan meminta maaf ketika berbuat salah dan mau bertanggung jawab.

8. Meminta ijin ketika meminjam barang orang lain.

9. Membiasakan mengucapkan terima kasih dan minta tolong.

10. Selalu menutup aurat di sekolah maupun di luar sekolah.

Ketertiban

1. Datang ke sekolah sebelum jam 07.00 WIB.

2. Membiasakan antri.

3. Segera memasuki ruangan kelas ketika bel berbunyi tanda masuk.

4. Membawa uang saku sesuai dengan ketentuan.

Kerapihan dan kebersihan

1. Senantiasa berpenampilan rapi dan bersih.

2. Seragam sekolah beratribut lengkap dan sesuai ketentuan.

3. Selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan dan mau memungut sampah yang berserakan.

4. Meletakkan alas kaki di tempat yang telah tersedia.

5. Memberi identitas pada barang milik pribadi dan merawatnya.

6. Tidak mencoret meja dan tembok.

Makan – minum

1. Makan dan minum sambil duduk serta menggunakan tangan kanan.

2. Berdo’a sebelum dan sesudah makan – minum.

3. Mengkonsumsi makanan / minuman yang halal dan sehat.

4. Membeli jajan di kantin sekolah.

Belajar

1. Semangat dan optimis dalam belajar.

2. Pantang mencontek ketika ulangan

         3. Belajar dimanapun dan kapanpun.

PROSEDUR ISTIRAHAT SISWA

I. Halaman Sekolah

1. Siswa berjalan menuju tempat istirahat dengan tenang.

2. Siswa duduk – duduk di tempat yang sudah disediakan di halaman

3. Siswa boleh melakukan kegiatan antara lain :

a. Bercerita / bertukar pikiran / curhat

b. Menulis / membaca pelajaran

c. Bercengkerama / bercerita / bermain A secara berkelompok dan beraturan memakai seragam olah raga

d. Bermain B secara berkelompok dan beraturan

4. Ketika Bel berbunyi siswa segera :

a. berjalan menuju kelas masing – masing dengan tertib dan tenang

b. meninggalkan tempat istirahat dalam keadaan bersih dan rapi

II. Kantin

1. Siswa berjalan menuju kantin dengan tenang

2. Masuk kantin dengan tertib dan mengucapkan salam

3. Memesan makanan dengan antri, sopan dan jujur

4. Membawa makanan keluar kantin jika dalam kantin penuh

5. Memakan makanan dengan adab Islam

6. Membuang sampah pada tempatnya


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: