KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

A. MATA PELAJARAN

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar menengah.

Struktur kurikulum di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur Kurikulum ini disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Kurikulum ini memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 1. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan pengembang  diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan social, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

  1. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS SD Al Irsyad Al Islmiyyah 02 Purwokerto   merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
  2. Pembelajaran pada Kelas I – III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV – VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
  3. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
  4. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
  5. Minggu efektif dalam satu tahun pembelajaran (dua semester) adalah 34–38 minggu
B. MUATAN LOKAL

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yagn disesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran yang ada.

Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah. Sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.

Muatan lokal yang diterapkan di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto adalah sebagai berikut :

1. Bahasa Jawa

Muatan lokal Bahasa Jawa wajib bagi semua siswa kelas I – VI. Alokasi  waktu adalah  1 jam pelajaran per minggu.

2. Budaya Banyumasan

Muatan lokal Budaya Banyumasan wajib bagi semua siswa kelas IV – VI. Alokasi waktu 1 jam pelajaran per minggu.

3. Bahasa Arab

Muatan lokal Bahasa Arab  wajib bagi semua siswa kelas I hingga kelas VI. Alokasi waktu adalah 2 jam pelajaran per minggu.

4. Bahasa Inggris

  • Muatan lokal Bahasa Inggris wajib bagi semua siswa kelas I hingga kelas VI. Alokasi waktu adalah 2 – 4  jam pelajaran per minggu.
  • Untuk kelas I – V ditambah materi keterampilan berbahasa.

5. Komputer
Muatan lokal Komputer  wajib bagi semua siswa kelas IV hingga kelas VI. Alokasi waktu adalah 2 jam pelajaran per minggu

C. STRATEGI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan pendekatan SAL (“Student Aktif Learning”).
  2. Menerapkan metode inovatif dan kreatif dalam pengajaran
  3. Melaksanakan perbaikan dan tindak lanjut  berdasarkan analisis hasil evaluasi
  4. Menerapkan model penilaian yang menyeluruh
  5. Mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam semua mata pelajaran.
  6. Merancang dan menyelenggarakan kegiatan belajar dengan pola learning by doing, out door study, serta resource bassed learning.
  7. Mengutamakan pola keteladanan terhadap pembiasaan akhlak islami.
  8. Menyelenggarakan model pendidikan kepemimpinan melalui program life skills dan out bound.
  9. Menyelenggarakan sholat dhuhur secara berjamaah di sekolah.
  10. Mengoptimalkan disiplin dan budaya sekolah.
  11. Mengoptimalkan kerja sama sekolah dengan orang tua.
  12. Menyelenggarakan pola penanganan anak berkesulitan belajar.
  13. Memberikan layanan khusus kepada anak “spesial needs”.
D. PENGEMBANGAN DIRI DAN EKSTRAKURIKULER

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan peer teaching, habit forming, dan halaqoh. Kegiatan pengembang  diri dilakukan melalui kegiatan bina diniyah, life skill, ekstra kurikuler, dan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan Sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

Pengembangan diri di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto terdiri atas :

  • Keunggulan Lokal

 Bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan menyenangkan dalam settingan pendidikan inklusi. Pembelajaran yang bermakna dan melayani semua keunikan/ kebutuhan siswa dengan pendekatan out door study, parenting school, outbound, dan masteri learning.

  • Keunggulan Global

Bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang berwawasan global dengan mengadakan kelas imersi, berbasis ICT, dan Hot spot area.

  • Life Skill

Bertujuan untuk menanamkan sikap mandiri, bertanggungjawab, jujur, mandiri, dan beraklak mulia. Kegiatan ini dikemas dengan mentoring bagi siswa laki-laki dan keputrian bagi siswa perempuan.

  • Habit Forming

Betujuan untuk menciptakan suasana yang akrab dan bersahabat dengan kegiatan Tarhib/ Taudi’ (menyambut kedatangan dan mengantar kepulangan siswa), budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), makan siang dan sholat berjama’ah.

  • Bimbingan dan Konseling

Bertujuan untuk membimbing dan mengarahkan siswa dalam mewujudkan cita-cita, serta menyelesaikan problematika (problem solving) yang dihadapi.

Ekstra Kurikuler  : 

1.  Bola Basket

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap cabang olah raga bola basket,  dan mempersiapkan atlit basket pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.

2.  Bola Volley

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap cabang olah raga bola volley,  dan mempersiapkan atlit volley ada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.

3.  Karate

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap cabang olah raga Karate,  dan mempersiapkan atlit Karate  pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.

4.  Pramuka

Kegiatan ekskur pramuka diwajibkan bagi siswa kelas IV dan V, hal ini bertujuan :

  1. Anak mempunyai kepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya
  2. Anak mempunyai kecerdasan dan keterampilan yang tinggi
  3. Anak mempunyai jiwa yang kuat dan sehat fisiknya
  4. Sebagai wahana melatih siswa untuk berlatih berorganisasi
  5. Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
  6. Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
  7. Mengembangkan jiwa social dan peduli kepada orang lain
  8. Melatih siswa untuk memiliki sikap kerjasama dengan kelompok
  9. Melatih siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat.
    5.  Happy Math

Bertujuan untuk melatih siswa agar dapat menyelesaikan perhitungan dengan cepat sehingga mempermudah dalam pelajaran matematika

6.  Hadroh

Bertujuan untuk mengembangkan rasa seni dan dan kepekaan akan keindahan serta melestarikan budaya Islam Indonesia.

7.  Karya Ilmiah Siswa

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada karya ilmiah dan mempersiapkan siswa pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan / Intansi lain.                   

8.  Forum Lingkar pena (FLP)

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada penulisan dan jurnalistik dan mempersiapkan siswa untuk lebih mengenal dunia pers.

9.  Bulu Tangkis

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada cabang olah raga bulu tangkis dan mempersiapkan siswa pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan / lembaga lain.

10.  Teater

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada teater  dan sekaligus mengenalkan siswa akan dunia seni peran / acting.

11.  Tenis Meja

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada  cabang olah raga Tenis Meja dan mempersiapkan siswa pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.

12.  Seni lukis

Bertujuan untuk mengembangkan rasa seni dan kepekaan akan keindahan alam semesta.

13.  Renang

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada cabang olah raga renang dan sekaligus pengamalan dari hadist rosulullah agar melatih generasi penerus diantaranya berenang

14. Sepak bola

Bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa pada cabang olah raga sepak bola dan mempersiapkan siswa pada cabang lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.

15.  English Kids

Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan minat siswa pada pelajaran Bahasa Inggris

16.  English Club

Bertujuan mengembangkan ketrampilan berpidato bahasa inggris di depan kelas dan khalayak serta mempersiapkan perlombaan telling story di adakan setiap tahun oleh berbagai lembaga

17.  Kaligrafi

Bertujuan menggali dan mengembangkan minat dan bakat khususnya dalam budaya penulisan ayat-ayat Al Qur’an dengan berbagai seni penulisan. Serta mempersiapkan anak-anak mengikikuti lomba MAPSI

18.  Photografi

Bertujuan mengembangkan bakat anak-anak di bidang pemotretan serta menumbuhkan jiwa fotografer pada peserta didik

19.  Olimpiade Matematika

Bertujuan menggali potensi anak-anak yang tidak sekedar minat tetapi juga berbakat dalam bidang Matematika. Serta mempersiapkan anak-anak mengikuti lomba Olimpiade Matematika baik lokal maupun Nasional

20.  Olimpiade IPA

Bertujuan menggali potensi anak-anak yang tidak sekedar minat tetapi juga berbakat dalam bidang IPA. Serta mempersiapkan anak-anak mengikuti lomba Olimpiade IPA baik lokal maupun Nasional

21.  Drum Band

Bertujuan mengembangkan minat dan bakat rasa seni dan dan kepekaan akan keindahan serta mempersiapkan anak-anak dalam setiap acara/kegiatan sekolah

22.  Mewarnai

Bertujuan  untuk mengembangkan rasa seni dan kepekaan akan keindahan alam semesta serta mengembangkan motorik halus.

  • Tambahan pelajaran bagi kelas VI

Bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian sekolah dan dilaksanakan pada jam intrakurikuler.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d bloggers like this: